Begini Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Wasir

Penyakit wasir adalah gangguan yang disebabkan adanya proses pembesaran jaringan dalam saluran anal. Saluran anal merupakan saluran di area anus dengan ukuran lebih kurang empat sentimeter dan berisi banyak pembuluh darah. Saluran ini memiliki peran sebagai penghubung antara rektum dan anus. Gejala yang sering dialami oleh penderita wasir pada awalnya ialah rasa nyeri dan gatal pada area anus saat BAB (Buang Air Besar). Bahkan pada penderita wasir kronis, penyakit ini sering ditandai dengan pembengkakan dan pendarahan di area pantat dan anus.
Begini Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Wasir
Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Wasir
Baca juga: Obat Wasir
Agar penyakit wasir tidak mudah kambuh, beberapa upaya dapat kita lakukan diantaranya menjaga pola makan yang sehat dengan menghindari beragam jenis makanan dengan kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Makanan-makanan seperti buah salak, durian, cabai, makanan bersantan, makanan dengan kandungan asam yang tinggi juga makanan olahan dengan kalori yang tinggi harus segera dihindari agar dapat mencegah kambuhnya penyakit wasir kronis.

Selain itu olahraga secara teratur diikuti waktu tidur yang berkualitas juga sangat penting Anda lakukan sebagai upaya mengatasi penyakit wasir agar tidak kambuh. Waktu tidur yang berkualitas dapat tercipta dengan posisi tidur yang baik. Lalu, bagaimana posisi tidur yang baik bagi penderita wasir?

Posisi tidur yang paling tepat untuk penderita wasir adalah posisi miring ke kanan. Dengan posisi tidur miring ke kanan, jantung Anda tidak akan terbebani dengan berat badan Anda. Posisi ini akan mengurangu beban dan ketegangan pada bagian punggung. Ini akan menimbulkan kenyamanan bagi penderita wasir yang mengalami rasa nyeri di area punggung.
Baca juga: Jual Obat Kutil Kelamin
Posisi tidur miring juga mampu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada area dubur dan anus. Rasa lega dan nyaman akan tercipta saat Anda tidur dengan posisi ini. Agar badan tidak mudah pegal, Anda dapat menyisipkan guling dan bantal di antara kedua kaki.

Nah, itulah ulasan tentang posisi tidur yang baik untuk penderita wasir. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.