Pidato Pemimpin Dunia yang Inspiratif, Mengharukan, Hingga Mengubah Dunia!

Banyak sekali sejarah yang tercipta dari masa ke masa. Di setiap perjalanan bangsa-bangsa, selalu ada momen penting dan di momen itu pidato para pemimpin dirasa penting. Inilah lima pidato bersejarah dari penjuru dunia.

1. Pidato “I Have A Dream” oleh Martin Luther King Jr.

“I have a dream that my four little children will one day live in a nation where they will not be judged by the color of their skin but by the kontent of their character. ”

Kata Pengantar Pidato Martin Luther King ini mungkin yaitu pidato paling di kenal selama histori. Sesudah longmarch di Washington pada 28 Agustus 1963, ia mengemukakan pidato panjangnya yang menggetarkan hati ini. Pidato tentang cita-citanya juga akan kesetaraan hak-hak bangsa Afrika-Amerika dengan bangsa kulit putih ini di sampaikan di Lincoln Memorial serta disaksikan segera oleh dua ratus ribu orang, tidak cuma dari kelompok Afrika-Amerika tetapi juga bangsa kulit putih.

Sampai saat ini, semangat Luther King masih tetap membius beberapa orang, serta disebut-sebut jadi titik awal yang empat puluh lima th. lalu berhasil mengantarkan seseorang Afrika-Amerika jadi Presiden Amerika Serikat.

2. Gettysburg Address oleh Abraham Lincoln

“Fourscore and seven years ago our fathers brought forth on this continent, a new nation, conceived in Liberty, and dedicated to the proposition that all men are created equal. ”

Abraham Lincoln yaitu satu diantara presiden Amerika Serikat yang paling disayangi rakyatnya. Di masa pemerintahannya, banyak histori besar berlangsung, satu diantaranya perang sipil. 19 November 1863 ia berpidato dihadapan beberapa tentara serta sipil di Gettysburg. Pidato itu dikatakan sebagai satu diantara pidato paling baik yang sempat di sampaikan, sekalian tersingkat karna tidak lebih dari 263 kata.

3. Pidato Queen Elizabeth Saat Kematian Lady Diana

Inggris berduka sesudah tragedi nahas yang menewaskan Lady Diana di th. 1997. Warga mendatangi Buckingham Palace serta menyimpan karangan bunga. Perhatian dunia berpusat pada Inggris, sesaat Ratu Inggris tidak juga mengemukakan belasungkawa.

Perhatian umum semakin bertambah, rasa sedih warga di mana-mana, sampai pada akhirnya Ratu kembali tampak di umum. Lima hari saat tragedi, Ratu Elizabeth II mengemukakan pidato tribute lewat tv.

4. Pidato Permintaan Maaf Oleh Kevin Rudd

“For the pain, suffering and hurt of these Stolen Generations, their descendants and for their families left behind, we say sorry. ”

Australia miliki histori waktu dulu yang diingat oleh orang-orang dunia. Histori yang lalu memisahkan tata hidup warga Australia asli serta beberapa pendatang. Anda dapat baca mengenai “Stolen Generations” untuk cari info selanjutnya. PM Australia waktu itu, Kevin Rudd, membacakan pidato ungkapan maaf pada suku asli atas momen memilukan itu ; yang memisahkan orangtua, anak, serta saudara dari keluarganya. Pidato ini diterima oleh orang-orang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *