Chelsea – FA Youth Cup: 1960

Sebuah skuad muda Chelsea yang menyertakan nama legendaris masa depan seperti Peter Bonetti dan Bobby Tambling (mengumpulkan di atas) mengumpulkan bocoran prediksi bola sebuah cangkir yang luar biasa di mana mereka memenangkan delapan dari 10 pertandingan mereka, mencetak 46 gol yang luar biasa dan hanya kebobolan empat.

Bert Murray mencetak gol untuk Chelsea di leg pertama final melawan Preston North End di Stamford Bridge. Pertandingan itu berakhir 1-1 dan Tambling kemudian mengakui, ‘Ketika kami sampai di final, saya kira kami tidak begitu nakal dan saat kami bermain imbang 1-1 dengan Preston, kami semua merasa kehilangan kesempatan.’

Namun, dengan gaya sejati, pemain berusia 19 tahun itu memastikan bahwa tidak terjadi pada Blues muda saat ia mencetak hat-trick di Deepdale di leg kedua, memenangkan permainan 4-1 dan tie 5- 2 agregat.

Lain selain Bonetti dan Tambling yang kemudian maju ke skuad senior adalah Gordon Bolland, yang mengumpulkan 15 gol di 10 pertandingan run cangkang ini. Dia mendapat ganjaran dengan kontrak profesional setelah turnamen namun karena kekurangan kesempatan dan cedera terus-menerus, striker tersebut hanya berhasil dua kali penampilan tim pertama sebelum dilepas oleh klub tersebut pada 1962.

Bolland mencetak empat di masing-masing dua putaran pertama di mana Chelsea mengalahkan West Thurrock Athletic 10-0 dan Colchester United masing-masing 9-1. Kami kemudian bisa hanya bermain imbang 0-0 pada saat pertama kali bertanya di babak ketiga melawan Ford United, namun dalam pertandingan ulang di Stamford Bridge sebulan kemudian Colin Shaw mencetak empat gol dan Bolland tiga dalam kemenangan 11-0. Kedua kaki semifinal melawan Bristol City menang 3-0 dan satu-satunya hasil imbang lainnya adalah leg pertama final, sehingga lebih baik lagi oleh Tambling dan co. di leg kedua untuk mengamankan gelar Piala Pemuda pertama Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *