Cave Tubing di Yogyakarta yang Populer

Cave Tubing atau arum jeram dengan mengunakan ban menyusuri gua bawah tanah menjadi kegiatan yang disukai banyak wisatawan. Sensasi menyusuri gua mengunakan ban membuat banyak wisatawan yang menyukai kegiatan ini karena menantang dan juga seru tentunya. Di Yogyakarta terdapat beberapa tempat yang menjadi objek wisata yang menawarkan kegiatan cave tubing antara lain: cave tubing Gua Pindul dan cave tubing Gua Kalisuci. Kedua tempat tersebut menjadi primadona bagi pengunjung yang ingin mencoba serunya sensari sungai yang mengalir di di dalam gua. Apa saja keunikan dan kelebihan dari tempat wisata tersebut? Berikut penjelasan singkat dari kami mengenai objek wisata cave tubing.

  1. Cave Tubing Gua Pindul

Objek wisata cave tubing  yang pertama adalah Cave Tubing Gua Pindul. Objek wisata ini berada di Desa Wisata Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Di objek wisata ini wisatawan akan diminta menyusuri sungai yang mengalir menembus Gua Pindul. Yang menarik dari cave tubing di lokasi ini adalah wisatawan akan melihat 3 zona yang berbeda saat menyusuri gua antara zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. Selama menyusuri gua, wisatawan akan ditemani pemandu yang akan menceritakan mengenai sejarah dan hal-hal yang ada di gua tersebut.

Gua Pindul merupakan gua paling populer di Jogja. Objek wisata ini bisa dikatakan yang pertama di Jogja. Gua Pindul selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mencoba kegiatan ini. Saat liburan banyak wisatawan tumpah ruah ke objek wisata ini. Jika masih kurang puas wisatawan bisa mencoba satu kegiatan lainnya yaitu River Tubing Kali Oya yang lokasinya berdekatan dengan Gua Pindul.

  1. Cave Tubing Kali Suci

Tempat wisata cave tubing berikutnya adalah Cave Tubing Kali Suci. Objek wisata ini merupakan wisata alternatif cave tubing di Gunung Kidul. Cave Tubing Kali Suci menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi lebih saat menyusuri sungai bawah tanah yang membelah perut bumi. Cave tubing di Kali Suci terhitung lebih ekstrim dibandingkan di Gua Pindul. Jika di Gua Pindul aliran sungainya mengalir tenang maka di Kali Suci alirannya cukup deras dengan jeram yang memiliki arus yang keras. Oleh karena itu bagi wisatawan yang memiliki fisik yang lemah dan memiliki riwayat penyakit jantung tidak disarankan untuk mengikuti kegiatan ini.

Demikian objek-objek wisata yang menawarkan sensasi susur gua mengunakan ban. Masih ada objek wisata menarik lainya yang akan dibahas di artikel berikutnya. Bagi Anda yang ingin berwisata ke objek tersebut, bisa sewa kendaraan seperti bus dengan sewa bus wisata di Jogja.